Kiat agar Atasan tidak Tersinggung

Posted: December 2, 2007 in Kiat agar Atasan tidak Tersinggung
Kiat agar Atasan tidak Tersinggung

MUNGKIN Anda juga berpendapat bahwa ada hal-hal yang bisa diperbaiki di perusahaan Anda. Tetapi Anda kurang yakin bagaimana kritik itu akan ditanggapi oleh atasan. Jangan-jangan atasan malah berang, kemudian membahayakan karier Anda. Berikut beberapa pedoman cara mengkritik atasan.
1. Ketahui dan pertimbangkan dengan baik, bahwa memang tepat dan beralasan, Anda mengkritik atasan. Anda harus mempunyai garis komunikasi langsung dengannya. Atasan yang Anda kritik itu haruslah yang mempunyai pekerjaan yang memengaruhi pekerjaan Anda atau anak buah Anda. Adalah kurang tepat mengkritik atasan yang keputusan dan tindakannnya tidak memengaruhi Anda.
2. Jangan melontarkan kritik dengan kasar dan keras. Kemas kritik dengan bahasa sehalus mungkin. Atasan adalah atasan. Ia mempunyai kekuasaan yang lebih besar dari Anda. Kritik yang kasar dan bersifat menyerang cenderung menimbulkan pertarungan kekuasaan, dan membuat atasan Anda semakin ngotot untuk mempertahankan posisinya dengan menekan Anda. Isi kritik menjadi sia-sia.
3. Lontarkan kritik seringkas mungkin, disertai dengan beberapa usul pemecahan. Uraikan secara ringkas situasi yang menurut Anda perlu diubah, dan lontarkan kritik sebagai suatu alternatif yang produktif.
4. Bangunlah keabsahan dari kritik Anda. Siapkan argumen-argumen yang memperkuat kritik Anda. Sajikanlah keterangan dari sumber yang objektif dan bisa dipercaya. Dengan menyampaikan kritik sebagai informasi, berarti Anda menunjukkan ingin mencari kebaikan bersama.
5. Minta bantuan atasan untuk memecahkan persoalan yang Anda hadapkan kepadanya.Ini taktik supaya terkesan Anda sedang tidak mengkritik dia (atasan). Dengan membawa persoalan menjadi tanggung jawab bersama, Anda membuat atasan menjadi sekutu. Contohnya, jika atasan Anda selalu terlambat menyajikan data yang dibutuhkan departemen, Anda bisa mengatakan, “Saya mendapat kesukaran menjalankan departemen ini bila data yang saya perlukan tidak masuk tepat pada waktunya. Apakah Anda punya saran untuk mengatasi hal ini?”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s